Instal Windows Menggunakan Flashdisk


Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara Instal Windows Menggunakan Flashdisk, baik Windows 7 maupun Windows XP.
Cara instal windows lewat flashdisk ini sangat membantu anda yang ingin instal windows terutama bagi pengguna yang tidak memiliki DVD Disk Drive seperti Netbook kecil, atau internal DVD Drivenya rusak, maka dari itu satu-satunya jalan menginstall ulang Windows yaitu melalui Flashdisk.
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan Instal Windows Menggunakan Flashdisk yaitu kita harus memiliki Flashdisk yang telah terinstal Windows, kemudian kita jadikan Flashdisk tersebut Windows  Flashdisk Installer. Anda dapat menyimpan Flashdisk tersebut sebagai windows ataupun diformat ulang untuk keperluan lainnya.

 Persiapan yang diperlukan untuk mentransfer Windows ke Flashdisk yaitu:
  • Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7 dan 2 Gb untuk Windows XP.
  • Sumber Windows 7 maupun Windows XP (bisa dari DVD atau dari Hard Disk yang berupa file ISO).
  • Download Software WinToFlash  untuk mentransfer CD Windows XP atau DVD Windows 7 ke Flashdisk.  Silahkan kalian download terlebih dahulu WinToFlash di SINI
Catatan: 
Ada beberapa macam software yang dapat digunakan untuk mentransfer windows, tapi saya lebih suka menggunakan software ini, karena simple dalam mengerjakannya.

OK, sekarang kita lanjut ke langkah cara transfer windows ke flashdisk:
  • Setelah download software WinToFlash, jalankan WinToFlash. Saat pertama kali dijalankan, ada konfirmasi persetujuan, (ceklis I Accept) kemudian klik Next > Next sampai muncul tampilan Windows Setup Transfer Wizard.

  • Setelah muncul Windows Setup Transfer Wizard, pilih Tab Advanced Mode. Untuk Windows 7 pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, dan klik Create. Sedangkan untuk Windows XP pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive






  • Pilih drive sumber Windows Installer di Drive CD/DVD  dan Drive Flashdisk yang akan ditransfer windows installer.


  • Klik Run, dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer windows intaller ke flashdisk selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di Exit saja, dan Flash Disk pun sudah terinstal windows dan dapat digunakan untuk instalasi windows.
 Sekarang kita berlanjut ke proses instal
  • Masukan Flashdisk ke Laptop/Netbook/PC sebelum dinyalakan.
  • Setelah  itu nyalakan Laptop/Netbook/PC
  • Kemudian masuk ke BIOS dengan menekan F2, Del, dsb tergantung Laptop/ Netbook (pada beberapa Laptop/ Netbook lain, perintah masuk BIOS mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10).
  • Setting 1st Firs Boot  ke USB Flashdisk, kemudian pilih Tab Exit dan Save (Yes), maka Laptop/ Netbook akan segera restart.
  • Pada langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer. (Atau jika kalian ingin mengetahui tutorial cara Instal Windows 7 / Windows XP Lengkap Dengan Gambarnya bisa dilihat di akhir artikel ini).
PERHATIAN..!!

Untuk Instalasi Windows 7. Jika instalasi windows (Expanding Windows Files) telah selesai, kemudian akan restart, dan pada saat itu cabutlah Flashdisk untuk menghindari pengulangan Setup Windows 7. Kemudian windows akan berjalan dengan sendirinya untuk instalasi lanjutan (Finalizing Installation).

Wajib cabut Flashdisk setelah ini (restart otomatis - cabut Flashdisk secara manual)

Untuk Windows XP saya belum pernah  mencobanya, mungkin flashdisk jangan dicabut dulu sampai proses selesai (mungkin).

Cukup sekian tutorial tentang bagaimana cara instal windows menggunakan flashdisk dari saya...

Tutorial Instal Windows Lengkap Dengan Gambarnya:

1.Tutorial Instal Windows 7 disini

2.Tutorial Instal Windows XP disini

 


mohon ma'af jika tutorialnya kurang memuaskan hati kalian semua, karena saya hanyalah insan yang jauh dari kesempurnaan





SEMOGA BERMANFA'AT
HAVE A NICE DAY

Related Post